Sabtu, 21 Juli 2012

NU Jatim Terjunkan 12 Tim Pantau Hilal


WARTA INFO SURABAYA - Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur menerjunkan 12 Tim untuk melakukan rukyatul hilal untuk menentukan awal Ramadan.

”Rukyat akan kami gelar besok. Ada 12 Tim yang kami terjunkan di beberapa lokasi,” kata Wakil Ketua PWNU Saleh Hayat kepada Okezone-warta info, Rabu (18/7/2012).

Anggota Komisi E DPRD Jawa Timur itu 12 lokasi yang menjadi titik rukyat, di antaranya Pantai Tanjung Kodok, Lamongang; Pantai Ngliyep, Malang Selatan; Pantai Gili Ketapang, Banyuwangi; Pantai Ngamplung, Jember; Pantai Kenjeran; Pantai Serang, Blitar; serta Bukti Condro Dipo, Gresik.

Ada dua tim yang dibekali teropong, yakni di Pantai Serang dan Bukit Condro Dipo. Selebihnya, menggunakan pengamatan dengan mata telanjang.

Menurut Saleh, perkiraan awal puasa diprediksi antara 20 dan 21 Juli. Namun demikian, tetap mengacu pada hasil rukyatul hilal ini.

Saleh mengatakan, jika tim sudah melihat hilal maka akan dilakukan sumpah oleh hakim yang telah disepakati. Selanjutnya, hasil rukyatul hilal akan dibawa ke sidang Isbat Kementerian Agama.

















0 komentar:

Posting Komentar